Logo Kominfo
Beranda » Berita

Salero Gelar Acara Kampung Cakap Digital

12 Februari 2023     Dibaca 135 kali

PEMKOT TERNATE - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ternate Damis Basir, SE., ME menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada acara puncak “Temu Konten Kreator dan Kampung Cakap Digital” yang digelar di Salero Pantai, Jl. Daniel Bohang. Sabtu (11/2/23).

Acara tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Rustam Pandjab Mahli, S.Pd., Camat Ternate Utara Marus Ishak, SH., serta Forkompimda Kecamatan Ternate Utara.

Kadis Kominfo Sandi Damis Basir, SE., ME dalam sambutannya mengatakan saat ini perkembangan ruang digital dari waktu ke waktu terus berkembang dan tantangannya semakin besar. Banyak sekali konten negative yang ikut bermunculan mengiringi ruang digitalisasi di setiap aktifitas masyarakat.

“Kejahatan diruang digital terus meningkat seperti informasi yang bersifat hoaks, konten-konten negatif, ujaran kebencian, penipuan daring, eksploitasi seksual pada anak serta radikalisme berbasis digital ini perlu terus diwaspadai dan harus menjadi perhatian kita semua untuk mencegah terjadinya hal-hal yang bersifat negatif sebab selain dapat merugikan diri sendiri dan lingkungan, dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa dan dapat merusak masa depan generasi bangsa,” tegas Damis.

Beliau menambahkan, “Untuk itu tanggung jawab menangkal konten negatif tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah akan tetapi tanggung jawab kita bersama.”

Menurutnya, Butuh dukungan seluruh komponen terutama pemuda untuk menciptakan karya dan konten yang mendidik agar ruang digital menjadi wadah edukatif bagi masyarakat. Karena kehadiran internet harus menjadi sarana untuk meningkatkatkan produktifitas sehingga member nilai tambah secara ekonomi kepada masyarakat.

“Saya atas nama pemerintah Kota Ternate mengapresiasi pelaksanaan Temu Konten Kreator dan kampong Cakap Digital yang dilaksanakan pada malam ini. Kegiatan ini merupakan wujud nyata kita dalam menciptakan masyarakat yang cakap digital untuk memanfaatkan internet pada hal-hal yang edukatif dan produktif.” harapnya.

Beliau juga berharap kegiatan literasi digital dengan tema dan nuansa kampung seperti ini dapat terus dilakukan agar interaksi diruang digital menjadi sarana untuk pengembangan kreatifitas.

“Kepada adik-adik konten kreator yang rutin hadir di ruang digital teruslah berkreasi dan berkarya dengan menampilkan konten-konten yang positif, baik sajian humor dan menghibur serta konten yang mengedukasi untuk masyarakat.” Tutupnya.

Acara dimeriahkan dengan talkshow bersama Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Rustam Pandjab Mahli, S.Pd., Selebgram Sayakhoko dan Tete Ko. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita Lainnya