PEMERINTAH KOTA TERNATE
DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN
 

Dinas Kominfo Kota Ternate Menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Pengaduan Pelayanan Publik Online

Tanggal 28 Februari 2018 - Dibaca 234 kali

Sebagai implementasi dari Surat Keputusan Walikota No.10/1.7/KT/2017 tentang Tim Pengelola Pengaduan Masyarakat Kota Ternate yang merupakan turunan dari Undang-undang No.37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman, UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Perpres No.76/2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dan PERMENPANRB NO.3/2015 Tentang Roadmap Pengembangan Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik, maka dengan dasar peraturan tersebut pada hari Selasa Tanggal 27 Februari 2018, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian menyelenggarakan pelatihan pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Pengaduan Pelayanan Publik (SI APIK) dan aplikasi SP4N Lapor, kepada 5 Organisasi Perangkat Daerah yang menangani Pelayanan Publik Secara Langsung bersentuhan dengan Masyarakat.

OPD tersebut adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Perusahaan Air Minum Daerah Ternate, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Pelatihan operator ini dilaksanakan di Ruang Ternate Smart Island Command Center yang terletak di Jl. Yos Sudarso eks Kantor Walikota.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas KOMINFO dan Persandian Kota Ternate, Bapak Thamrin Marsaoly menyerahkan secara simbolis perangkat mobile yang telah dilengkapi dengan aplikasi SI APIK dan Lapor sebagai alat bantu dalam menyelesaikan pengaduan yang disampaikan oleh Masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga Kepala Dinas KOMINFO dalam amanatnya menyampaikan agar OPD yang telah dilatih dapat cepat merespon setiap aduan masyarakat kota Ternate sebagai wujud tanggungjawab Pemerintah Daerah dalam pelayanan kepada masyarakat.

Kaitan dengan kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari program Pemerintah Kota Ternate dalam mewujudkan Kota Ternate Sebagai Salah Satu Kota Smart City, dimana mengaplikasikan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

 

LIHAT BERITA LAINNYA